Header Ads

Wabup : Mari Kita Ciptakan Kabupaten Lahat Bersih Bercahaya

Jakarta, Rubrik Sumsel.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan meluncurkan Gerakan Indonesia Bersih dalam rangka momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya  menjelaskan gerakan ini rencananya akan diluncurkan bertepatan dengan HPSN 2019 pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesia Bersih di Gedung Manggala Wanabakti, Kamis (21/2/2019).

Rakernas tersebut dapat mendorong pemerintah daerah dalam mewujudkan target-target nasional upaya pencapaian Gerakan Indonesia Bersih.

Siti melanjutkan, Gerakan Indonesia Bersih dapat diwujudkan melalui peningkatan kerjasama antar sektor dan peningkatan kinerja pemerintah daerah. Selain itu, dilakukan juga sinergi kebijakan sektor dalam upaya-upaya pengelolaan sampah, baik peningkatan sarana dan prasarana maupun mendorong partisipasi publik.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengusulkan perluasan kegiatan ini menjadi Gerakan Indonesia Bersih dan Sehat.

Menurutnya, kebersihan dan kesehatan saling berkaitan, dengan mengubah perilaku masyarakat menjadi bersih, akan berdampak pada kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Sementara itu Wakil Bupati Lahat, H. Haryanto SE. MM, bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup H Misri MT yang menghadiri kegiatan tersebut  . Wabup Menanggapi siap menyelaraskan dan mensinergikan program yang bertujuan untuk mewujudkan Indonesia Bersih.

Menurut Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE. MM sampah merupakan permasalahan yang telah lama dialami oleh Indonesia.  Tetapi jika tidak ada perhatian dan kepedulian dari masyarakat sekitar, permasalahan sampah ini tidak akan selesai .

Wakil Bupati Lahat mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat di kabupaten Lahat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Mari kita bersama saling bahu membahu,  mengatasi permasalahan sampah ini. Mari kita ciptakan Kabupaten Lahat bersih bercahaya",ujar Wabup.


Laporan : Elsa

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.