Header Ads

Operasi Zebra Musi Tahun 2020, 300 Pelanggar Dapat Sanksi Teguran


MUARA ENIM, RS - Untuk menjaga keselamatan kerja para pegendaraan roda dua dan roda 4 Satlantas Kabupaten Muara Enim melakukan Razia kendaraan yang melanggar aturan berlalu lintas di Kabupaten Muara Enim, patut bersyukur. Soalnya, Satuan Lalu Lintas Polres Muara Enim tak menargetkan sanksi tilang pada Operasi Zebra Musi tahun 2020. Sesuai instruksi Kapolri Jenderal Idham Azis, petugas diminta lebih humanis dan mengedepankan edukasi keselamatan berkendara di masyarakat.


“Kita lakukan dengan pola preventif dan preemtif, 300 pelanggar kita beri sanksi teguran kepada pengendara yang melanggar seperti tidak memakai helem, melawan arus, Over Demesi Over Load (ODOL) muatan dan pengendara melanggar protokol kesehatan,” ujar Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Saputra SH SIK MM melalui Kasat Lantas AKP Desy Ariyanti SH MH, Selasa (3/11).


Operasi Zebra merupakan kegiatan rutin Polri yang digelar serentak di seluruh Indonesia. Operasi berupa pemeriksaan surat-surat pengemudi dan kelengkapan kendaraan di jalan raya selama dua pekan yakni 26 Oktober hingga 8 November 2020.


Namun dalam Operasi Zebra Musi tahun 2020 kali ini, kata Desy, petugas memberikan edukasi agar selalu mengedepankan keselamatan berkendara, membagikan masker kepada pengendara yang tidak mentaati protokol kesehatan selah satunya tidak memakai masker dan bagikan paket sembako bagi warga kurang mampu.


Lanjutnya, petugas tetap memeriksa kendaraan di jalan raya selama Operasi Zebra. Polisi sekaligus mengedukasi pengendara agar mengutamakan keselamatan berkendara. Sanksi teguran tetap berlaku bagi pengendara yang melanggar aturan. Misalnya mereka yang ugal-ugalan di jalan, tanpa kelengkapan surat mengemudi atau kelengkapan kendaraan.


“Didominasi sepeda motor karena melawan arus dan tidak memakai helem serta masker. Selain itu besok (Hari ini, red) anggota Ops Zebra Simpatik Satlantas Polres Muara Enim akan membagikan paket sembako kepada warga tidak mampu,” ucap Desy.


Selain itu, lanjut Desy, Satlantas Muara Enim juga terus mengimbau pengendara mematuhi protokol kesehatan. Itu jadi upaya polisi lalu lintas mencegah potensi penularan Covid-19. “Setiap saat kami ingatkan juga seperti itu. Agar mereka bisa sadar pentingnya protokol,” kata Desy.


Pengendara yang kedapata tidak menggunakan masker saat berkendara, akan ditegur dan diberikan masker cuci tangan yang telah disiapkan sebelum melanjutkan kembali perjalanannya.”Kami tidak henti-hentinya mengimbau agar menjaga kesehatan dan keamanan, ketertiban dalam berlalu lintas,” ujar Desi.(KLT)

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.