Header Ads

Bupati Lahat Bakal Terima Penghargaan Dari Presiden RI Terkait UHC

LAHAT, RS -  Bupati Lahat Cik Ujang SH akan terima penghargaan dari Presiden Republik Indonesia terkait dengan suksesnya Pemkab Lahat program Universal Health Coverage (UHC) yang sukses mencapai 96 persen. Hal ini disampaikan saat rapat Tim rekonsiliasi iuran jaminan kesehatan peserta PPU pemerintah daerah triwulan I Kabupaten Lahat tahun 2021, di ruang Oproom Pemkab Lahat, Jumat (04/06/21).


Tampak dalam Kegiatan PJ Sekda Lahat , asisten II, kepala KPPN Lahat, OPD, Kepala BPJS Kesehatan Lubuk Linggau, Plt kepala BPJS Kesehatan Lahat dan jajaran .


Plt Kepala BPJS Kesehatan Lahat Jerry Ardhan mengatakan, landasan pengumpulan monitoring pengumpulan iuran PPU Pemda ada beberapa diantaranya Peraturan Presiden no 82 tahun 2018 Jo peraturan Presiden no 75 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan presiden no 82 tahun 2018 tentang jaminan kesehatan, surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 900/14075/ sj tentang penyesuaian iuran jaminan kesehatan pada pemerintah daerah .


“Tujuan kegiatan melakukan kesepakatan perhitungan realisasi setoran iuran jaminan kesehatan, segmen PNS daerah, IW Pemda, Iuran kepala daerah dan ketua dan anggota DPRD, PPPK, dan PPNPN APBD yang telah di bayarkan ke kas negara dengan merujuk kepada ketentuan peraturan yang berlaku yang di tuangkan dalam berita acara rekonsiliasi,” katanya .


Dia menambahkan, tercapainya komunikasi yang baik dan hubungan kemitraan yang harmonis antara BPJS kesehatan dengan pemerintah daerah sehingga menghasilkan hubungan yang berkelanjutan antara kedua belah pihak .


Dengan fokus utama kegiatan yaitu menyamakan persepsi, validasi data iuran jaminan kesehatan, melakukan perhitungan iuran dan pemutahiran data kepesertaan .


Dalam kesempatan itu disampaikannya juga dalam mengurangi beban dari pegawai untuk keluarganya yang ASN, khususnya anak ke-4 dan seterusnya hanya membayar 1% dan ini bisa untuk orang tua serta Mertua.


Sementara Bupati Lahat Cik Ujang SH yang di sampaikan PJ Sekda Lahat Drs Deswan Irsyad MPdi menyampaikan dukungannya dengan adanya pra rekon setiap bulan dalam kesesuaian data dari BPJS kesehatan dan instansi terkait. 


Deswan Irsyad juga menyampaikan terimakasih atas kemungkinan Pemkab Lahat yang akan menerima Penghargaan dari Presiden Republik Indonesia terkait suksesnya Pemkab Lahat yang tercover dalam program Universal Health Coverage (UHC).


" Kepada OPD Untuk berkomitmen untuk giat ini, dan mengharapkan adanya sosialisasi dari BPJS Kesehatan dan Instansi terkait mengenai penambahan peserta dari keluarga dari anak ke-4 dan seterusnya serta orang tua dan mertua,” katanya .


Terpisah Harry Nurdiansyah Kepala BPJS Kesehatan cabang Lubuk Linggau terkait penghargaan dari Presiden RI yang akan di terima Pemkab Lahat mengatakan, Sebelumnya ada pertemuan dari 4 Kementrian yaitu Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Keuangan, Kementrian Kesehatan, dan Kementrian Kemenko PMK dan mengundang seluruh Kabupaten dan kota di Sumsel, dan ada 6 Kabupaten/ Kota  yang sudah pencapaian kepesertaan program JKN-KIS ini yang salah satunya kabupaten Lahat yang sudah pencapaian 96% yang artinya penduduknya sudah tercover JKN-KIS .


"Nah ini lah yang kita dorong dari BPJS Kesehatan bersama kementrian dalam negeri agar pemerintah daerah kab/ kota yang berkomitmen dan konsisten menganggarkan dalam hal pembiayaan masyarakatnya di berikan apresiasi /reward, insyaallah pelaksanaannya di tahun ini,” pungkasnya. (Han)

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.