Header Ads

Ciptakan Sumsel Cerdas, Budayakan Gemar Membaca

Lahat, Rubrik Sumsel.com - Bertempat di Gedung Olahraga (GOR ) kabupaten Lahat Sumatera Selatan di gelar Sumsel membaca tahun 2019 , dengan tema " menuju Sumsel cerdas", Selasa (15/1/2019). 

Tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Drs Widodo , Hj Percha Leanpuri B Bus MBA ( Duta Literasi Sumsel) Asisten III Provinsi Sumsel Edward, Staf khusus Gubernur Sumsel Alparezi Panggarbesi , Pj Sekda kabupaten Lahat Drs Masroni ,Kasdim 0405 Lahat, Mayor Inf Mahlan Agusalim, Kepala Dinas Pendidikan Lahat Sutoko,  Kepala Sekolah SMA, SMK Lahat , Guru dan pelajar SMA, SMK  di kabupaten Lahat .

Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Pj sekda Drs Masroni  dalam sambutannya mengatakan selamat datang kepada Hj Pearcha (Duta literasi), Kepala Dinas Provinsi beserta rombongan, Semoga  kehadiran dengan  rombongan dapat memotivasi guru dan siswa untuk gemar membaca . 

Gerakan literasi sebagai pendukung untuk menumbuhkan semangat membaca Gerakan literasi ini Sangat penting karena sebagai pelajar adalah kewajiban , mau sukses mulai dari membaca .

Sekda menambahkan peran perpustakaan sangat penting, bisa kita lihat dari pengunjung perpustakaan,  mutu sekolah dapat di lihat dari perpustakaan dan laboratorium .

Duta literasi Sumatera Selatan Hj Percha Leanpuri mengatakan, kegiatan ini 
Dalam rangka program pemerintah untuk menggalakkan pelajar untuk gemar membaca ,dengan tingginya masyarakat khususnya pelajar  untuk membaca untuk  kemajuan", ujarnya . 

Jadi untuk mencapai cita-cita ini di tunjang literasi , literasi ini bukan hanya membaca tapi Menulis, Mendengar dan Penyampaian ujarnya . 

Dan saya sendiri mengawasi komunitas komunitas penggiat literasi  yg ada di kabupaten Sumsel. Dan insyaallah nanti kita ada taman baca di setiap desa tambahnya .

Sementara  Baslini Mpd kepala sekolah SMA Unggul Negeri 4 Lahat yang  sekaligus ketua MKKS  Kabupaten Lahat mengatakan
 budaya membaca buku adalah kebiasaan yang lambat laun semakin pudar dan ditinggalkan oleh masyarakat di tengah gempuran teknologi.

"Sosialisasi ini adalah peran pemerintah daerah dalam meningkatkan gemar membaca bagi penerus bangsa dan juga sebagai kegiatan positif dimana sudah jarang dilakukan," katanya .

Mari tingkatkan tumbuh kembangkan lagi budaya baca di masyarakat khususnya pelajar untuk kecerdasan bangsa .

Pada kesempatan itu juga di bagikan Lima unit sepeda kepada pelajar bantuan dari Gubernur Sumsel.

Laporan : Elsa

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.