Header Ads

KPU Lahat Gelar Bimtek Relawan Demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2019

Lahat, Rubrik Sumsel.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat gelar kegiatan Bimbingan Teknis Pembekalan Relawan Demokrasi (Relasi) Pemilu Serentak Tahun 2019, bertempat di gedung Pertemuan Kabupaten Lahat . Rabu (30/1/2019) jam 09.30 Wib .

Hadir dalam kegiatan tersebut, H. Masroni (Sekda Lahat), Nana Priana, S.HI., MM (Ketua KPU Kab. Lahat), Irfan Rojhanuddin S.Si, M.Pd (Divisi Tehnis), Thomzon S.Ag., MM (Divisi Hukum), Eka Pitra M.Pd (Divisi Data), Eva Metriani S.E (Divisi Sosialisasi), dan Raswan Anshori (Sekretaris KPU Kab. Lahat), Bani Immanuel Ginting SH (Kasi Intel Kejari Lahat), Yohn Tito (Kadin Dukcapil Lahat), H. Surya Desman (Kaban Kesbangpol Lahat), Samaruddin (Ketua DPRD Lahat), AKP Zulfikar (Kasat Binmas Polres Lahat), Kapt Inf Mardianto (Kodim 0405/Lahat), serta 55 anggota Relasi. 

ketua KPU Kabupaten Lahat Nana Priatna yang sekaligus membuka Bimtek Pembekalan Relasi  mengatakan Hari ini adalah untuk melakukan bimtek relasi yang mendasari dari pengalaman pemilu Indonesia yang dari hasil survei menurun. Untuk target KPU Pusat adalah 77,5 persen, dan diharapkan di Lahat dapat naik partisipasi pemilih pada pemilu ini.

Diharapkan Pemilu 2019, dengan adanya relasi ini dapat dan mampu menaikan partisipasi masyarakat dengan melakukan sosialisasi pada basis-basis pemilih.

 ‎"Kepada relawan untuk menjaga identitas, kode etik dan lakukan sosialisasi tersebut secara beretika dan santun, karena relasi diharapkan dapat menjadi tulang punggung dalam rangka mensosialisasikan pemilu 2019", ujar Nana .

Sekda kabupaten Lahat H. Masroni  mengatakan KPU Lahat harus kerja cepat karena 17 April 2019 sudah pelaksanaan pencoblosan . Dengan 55 anggota relasi tentunya sangat berat mengingat jumlah penduduk Lahat yang cukup besar. 
‎Agar dilaksanakan sebaik mungkin dengan penuh tanggung jawab dimana tugas pokok relasi adalah mampu  menaikkan persentase pemilih sebagai target utamanya.

"Relasi untuk menjaga netralitas, jaga sikap dan bicara untuk tidak memilih salah satu pihak", tambah Sekda .

Sementara komisioner KPU Lahat Divisi Sosialisasi Eva Metriani S.E menambahkan, Relawan demokrasi KPU Lahat merupakan bagian sosialisasi yang diharapkan akan dapat meningkatkan tingkat partisipasi pemilih terutama pemilih kabupaten Lahat.

Laporan : Elsa

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.