Header Ads

Gubernur Sumsel Hadiri FGD, Terkait Pendirian PEM Akamigas di Kota Prabumulih

PRABUMULIH, RubrikSumsel.com – Kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) Pendidikan Vokasi Sektor ESDM di Provinsi Sumatera Selatan dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel  H. Herman Deru SH MM. Acara yang digelar di Gedung Patra Ria Kota Prabumulih, Kamis pagi (7/2/3019) Pukul 09.30 WIB berlangsung dengan khidmat.

Acara itu sendiri diadakan dalam rangka paparan terkait pendirian PEM (Politeknik Energi dan Mineral) Akamigas  yang akan dibangun di Kota Prabumulih tepatnya di Kelurahan Tanjung Raman Kecamatan Prabumulih Selatan Kota prabumulih.

Hadir dalam acara itu, Kepala BPSDM ESDM RI Prof Dr. Ir. IGN Wiratmaja Puja M.Sc beserta rombongannya, Directur PEM Akamigas Cepu Prof. Dr. R. Y. Perry Burhan M.Sc, Walikota dan  Wakil Walikota Prabumulih, Ketua DPRd, Kajari, Asisten, Sekda, Kepala Dinas, GM Pertamina EP Aset 2, kepala dinas dan kepala sekolah se-Sumatera Selatan.

Dikesempatan itu, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM menyampaikan, bahwa kemajuan Kota Prabumulih dari tahun 2013-2018 yakni pembanggunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang dibangun melalui dana infak pegawai negeri, menolak adanya penambangan batubara dengan membuat Peraturan Daerah No 1 Tahun 2014 dan pembangunan jaringan gas rumah tangga sebanyak 46.000 sambungan yang merupakan terbanyak di Indonesia.

“Selain itu juga diberikan bantuan usaha untuk tukang bakso, tukang sayur dan pedagang keliling, bengkel, tukang las, tukang becak, penganguran di didik untuk menjadi wirausaha, membangun gereja, membangun Masjid, membangun Pure dan baca tulis Al-Qur’an serta isbat nikah sebanyak 3000 pasangan,” jelasnya.

Lebih jauh ia menerangkan, untuk program strategi ke depan tahun 2018-2023 yaitu pembanggunan Jalan Lingkar, stadion olaraga, lampu jalan, membangun pembangkit listrik tenaga gas, pembangunan flyover dan pembangunan PEM Akamigas pada tahun 2019.

"Saya akan berusaha sekuat tenaga dan akan memperjuangkan berdirinya perguruan tinggi PEM Akamigas di Kota Prabumulih. Alasannya sangat masuk akal, karena posisi strategis Kota Prabumulih. Pemerintah Kota Prabumulih sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan perguruan tinggi Akamigas seluas 15 hektar yang berada di Kelurahan Tanjung Raman Kecamatan Prabumulih Selatan Kota Prabumulih,” ungkap Ridho Yahya.

Sementara itu dalam sambutannya, Gubernur Sumsel H Herman Deru merasa salut dan bangga terhadap Ir H Ridho Yahya MM. Dengan penyampaian keberhasilan Kota Prabumulih, memang butuh pemimpin yang kreatif seperti Walikota Prabumulih.

Dikatakannya, penganguran yang paling besar justru berada didaerah penghasil migas terbesar di Sumatera Selatan dan untuk menggurangi penganguran yaitu pendidikan, salah satunya mendirikan perguruan tinggi Akamigas di Kota Prabumulih ini.

“Kami akan membantu pembangunan gedung dan sangat memberikan dukungan penuh kepada Walikota Prabumulih untuk secepatnya untuk membeli lahan guna pembangunan PEM Akamigas. Kepada Kementerian ESDM jangan batal lagi, kalau batal saya Gubernur yang malu,” tutur orang nomor satu di Sumsel itu.

Dikesempatan yang sama, Kepala BPSDM ESDM RI mengungkapkan, bahwa terkait pembangunan pendirian perguruan tinggi Akamigas di Kota Prabumulih, yang jelas faktor dukungan dari pemerintah provinsi dan pemerintah daerah sudah sangat kondusif sekali.

“Tinggal faktor-faktor yang lain sedang kita data dan akan kita usulkan kepada Pak Menteri ESDM. Kalau Pak Menterinya setuju, akan kita anggarkan tahun berikutnya,” ujarnya.(Adv)

Laporan : Han

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.