Header Ads

Jalan Amblas di Desa Bunga Mas, Ini Penyebabnya

Lahat, RubrikSumsel.com - Sebelumnya jalan lintas Lahat - Pagaralam, Desa Jati, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat amblas. Kali ini Jalan Lintas Sumatera, Lahat - Empat Lawang amblasnya, Sabtu (16/2/2019).

Tepatnya dijembatan merah Bunga Mas, Desa Bunga Mas, Kecamatan Kikim Timur, Lahat, Sumatera Selatan. jalan amblas dengan panjang sekitar 45 meter, lebar 6 meter.

Informasi yang dihimpun, saat kejadian hujan deras dan air sungai Kikim meluap. Diduga tergerus air, jalan pun amblas. "Jalan beguyur amblas sekitar pukul 19.00 WIB, Jumat (15/2). Hingga puncaknya sekitar pukul 05.00 WIB, Sabtu (16/2) jalan amblas separuh jalan," ungkap Kapolsek Kikim Timur, Iptu Samsuardi. Seraya menambahkan anggota Polsek bersama warga juga saat ini melakukan pengaturan agar pengendara yang hendak melintas berhati- hati.

"Masih bisa jalan. Tapi satu jalur dan bergantian. Kalau hujan deras lagi ditakutkan tergerus lagi bila tidak ditangani secepatnya," tambahnya.

Pantauan dilapangan tampak Kapolsek Kikim Timur, Iptu Samsuardi, Danramil 0405- 03 Kikim Kapt Heru, dan Plt Kepala Dinas PUPR Lahat, Mirza ST.  Selain  itu sudah dipasang rambu- rambu sementara.

Ditambahkan Mirza bahwa jalan tersebut merupakan jalan negara kewenangan Balai Besar Pelaksana Jalan wilayah V Palembang. "Sudah kita koordinasikan ke pihak Balai besar," jelas Mirza .

Sementara itu,  Marjono Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah/BPBD Lahat mengatakan  terkait longsornya bahu jalan di Jalinsum Lahat - Empat Lawang yang berada di Desa Bunga Mas, Kecamatan Kikim Timur.

"Bahu jalan yang longsor akibat meluapnya air sungai Kikim dan intensitas hujan yang cukup tinggi.  Saat ini sudah dipasang police line, dan lalu lintas diatur oleh Jajaran Polsek Kikim Timur dibantu masyarakat  setempat",ujarnya. 

Ini adalah jalan nasional dan sudah dilaporkan oleh Dinas PUPR Lahat dan pihaknya bersama Dinas PUPR Lahat berupaya untuk melakukan pengamanan sekaligus menunggu dari Balai Besar Jalan Prov. Sumsel. Lalu lintas kendaraan menggunakan 1 lajur, bergantian.

Laporan : Elsa

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.