Header Ads

PANGDAM BUKA RAPIM KODAM II/SRIWIJAYA TAHUN 2019

Palembang, Rubrik Sumsel.com - Tindak lanjut Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan TNI AD yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, Kodam II/Swj menyelenggarakan Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam II/Swj sekaligus Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Staf Kodam II/Swj TA. 2019, yang dibuka langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., Rabu (20/2/2019) pukul. 07.30 WIB, bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman Km. 2,5 Palembang.

Dengan tema  "Kodam II / Sriwijaya Yang Profesional, Loyal Dan Manunggal Dengan Rakyat, Siap Mendukung Tugas Pokok TNI AD ”.

Rapim Kodam II/Swj TA. 2019 ini, diikuti oleh 132 peserta yang terdiri dari Pimpinan Kodam II/Swj, para Asisten, para Danrem, Dan/Ka Balakdam II/Swj, para Dandim, para Danyon, dan para Komandan Detasemen satuan jajaran Kodam II/Swj termasuk Danlanal dan Danlanud Palembang.

Selain membahas dan mengevaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TA. 2018, Rapim ini juga membahas hal-hal yang penting diantaranya, menjabarkan Pokok-Pokok Kebijakan Panglima TNI dan Kasad yang nantinya akan diturunkan menjadi Pokok-Pokok Kebijakan pimpinan Kodam II/Swj pada TA. 2019, sebagai pedoman pelaksanaan dan pencapaian tugas selama satu tahun ke depan.

Adapun tujuannya adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Kerja selama TA. 2018 dan menyampaikan garis besar Program Kerja dan Anggaran TA. 2019. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya kesamaan persepsi dan tertib administrasi yang akuntabel dalam melaksanakan Program Kerja dan Anggaran TA. 2019, tercapainya pembinaan kekuatan kemampuan dan gelar kekuatan Kodam II/Swj secara optimal dalam rangka keberhasilan pelaksanaan tugas serta terwujudnya kesiapan dan kesiapsiagaan satuan Kodam II/Swj untuk melaksanakan tugas pada TA. 2019.

Melalui Rapim ini, Pangdam II/Swj berharap bahwa, kebijakan-kebijakan yang disampaikan dapat dijabarkan lebih lanjut di tiap Satker dan Balakdam, sehingga berbagai petunjuk perencanaan pimpinan Kodam II/Swj, termasuk Progja TA. 2019 dapat terwujud sesuai yang diharapkan bersama.

Para peserta Rapim Kodam II/Swj diharapkan juga untuk mampu menyerap segenap informasi, pengetahuan, pengalaman, persoalan, dan juga pemecahannya yang sangat berguna bagi pelaksanaan tugas pokok di satuan masing-masing.

Diungkapkan Pangdam, dalam Rapim tersebut akan dijelaskan secara umum mengenai situasi Indonesia sekarang ini, terutama di wilayah Kodam II/Swj.

"Kondisi keamanan secara umum relatif kondusif, namun tetap perlu diwaspadai karena wilayah Kodam II/Swj sangat luas mencakup Lima Provinsi, meliputi Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung", terangnya.

Pangdam juga menuturkan bahwa, masih adanya kejahatan yang terjadi di wilayah Sumbagsel, diantaranya pembakaran hutan di wilayah Sumsel, Lampung dan Bangka Belitung untuk membuka lahan perkebunan yang dapat mengakibatkan bencana kabut asap.

“Hal lain yang patut diwaspadai adalah Pemilu dan Pilpres 2019 yang berpotensi terjadinya konflik. Terkait dengan Pemilu dan Pilpres 2019 juga, TNI AD tetap komitmen selalu menjaga Netralitas TNI. Dalam melaksanakan tugas, peran dan fungsinya, TNI akan memberikan kontribusi terbaik dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 serta menjamin stabilitas keamanan nasional", tegasnya.

Selain itu, kita tetap tanggap dalam memberikan bantuan perkuatan kepada Pemda jika terjadi bencana alam”, pungkas Mayjen Irwan.

Dalam Rapim ini, selain mendapatkan arahan dari Pangdam para peserta Rapim akan menerima paparan dari para Staf Kodam II/Sriwijaya diantaranya ; dari Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun dan Para Asisten Kodam.


Laporan : Elsa

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.