Header Ads

Sukseskan Pemilu Serentak 2019 Pemkab Lahat Gelar Rapat Koordinasi

Prabumulih, Rubrik Sumsel.com - Pemerintah Kabupaten Lahat menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019. Bertempat di ruang Oofroom Pemkab Lahat , Selasa ( 9/4/2019).

Hadir di acara itu, Bupati Lahat CIK Ujang SH, H. Haryanto SE MM (Wabup Lahat), Ramsi (Assisten I Pemkab Lahat), Suherdin (Assisten II Pemkab Lahat), Nana Priana (Ketua KPU Lahat) beserta Komisioner KPU Lahat ,Raswan Ansori  (Sekretaris KPU Kab. Lahat), Andra Juarsyah (Ketua Bawaslu Lahat) beserta Komisioner Bawaslu Lahat , Suyudi (Kesbangpol Lahat), AKP M. Syamsul Sahri  (Kasat Intelkam Polres Lahat), Lettu TNI Hendri (Pasandi Kodim 0405/Lahat), Bani Immanuel Ginting, SH (Kasi Intel Kejari Lahat), M. Rauf (Satpol PP Pemkab Lahat), tokoh masyarakat, para camat serta  anggota PPK dari 24 kecamatan se Kabupaten Lahat.

Wakil Bupati Lahat H. Haryanto SE MM  mengatakan "Dalam rakor ini  membahas persiapan pelaksanaan Pemilu 2019 dan perlunya sinergi seluruh pihak agar terlaksananya pemilu 2019 yang aman, lancar dan kondusif", ujarnya .

Ketua KPU Lahat Nana Priana mengatakan KPU Lahat dalam menyongsong pemilu 2019 yang tinggal beberapa hari lagi telah menyiapkan perangkat yaitu pembentukan KPPS dan Linmas, dimana KPPS dilantik oleh PPK.

Dalam rangka distribusi logistik Pemilu 2019, telah disiapkan, dimana pada 11 sampai 15 April 2019 akan dilakukan pendistribusian logistik Pemilu 2019 yang  dimulai dari dapil terjauh : Pada 11 April 2019 didistribusikan ke Dapil 4 , ‎Pada 12 April 2019 didistribusikan ke Dapil 3. ‎Pada 13 April 2019 didistribusikan ke Dapil 5. Pada 14 April 2019 didistribusikan ke Dapil 2. Dan Pada 15 April 2019 didistribusikan ke Dapil 1.Dan pada 16 April 2019, KPU Lahat akan melakukan evaluasi terkait logistik yang sudah didistribusikan pada masalah kendala yang dihadapi.

Nana Menambahkan "KPU juga sudah membentuk Tim Situng, karena perolehan hasil rekap dan penghitungan suara sangat penting bagi KPU Lahat, dan.keduanya sangat penting. Diharapkan PPK dan Camat adanya koordinasi guna penempatan surat suara dan logistik  yang aman", ujar Ketua KPU .

Sementara Ketua Bawaslu Lahat Andra Juarsyah mengatakan Terkait kesiapan Bawaslu Lahat,  dari jajarannya setelah pelantikan PTPS siap mengawasi penghitungan di TPS. Panwaslu siap melaksanakan pelaksanaan pemilu.

"Pada 13 April 2019 tahapan kampanye selesai. Dan Pada 14-16 April 2019 masuk minggu tenang. Bawaslu Lahat memohon dukungan dari Pemkab Lahat untuk kiranya dapat membantu dukungan personel dan kendaraan dalam rangkaan penertiban 
APK  akan dilakukan pagi hari 14" ujar Andra .

Kapolres lahat AKBP Ferry Harahap Sik melalui Kasat Intel Polres Lahat AKP M. Syamsul Sahri mengatakan Hasil pantauan dari Polres Lahat,  situasi kamtibmas jelang pemilu, wilayah hukum Polres Lahat kondusif. Diharapkan situasi ini dapat dipertahankan  sampai selesainya pelaksanaan pemilu 2019. 

Diakhir rapat Bupati Lahat Cik Ujang SH menghimbau kepada seluruhnya agar pelaksanaan Pemilu 2019 dapat  berjalan aman, damai, tentram dan lancar.
Kalau pelaksanaan berjalan aman dan kondusif tentunya akan menentukan kewibawaan pemerintah daerah.

Bupati berpesan untuk tidak mempengaruhi masyarakat menentukan pilihan. Khusus kepada perusahaan akan dilayangkan surat pemberitahuan terkait pelaksanaan pencoblosan dengan meliburkan karyawannya.  Camat untuk tidak meninggalkan wilayahnya terhitung mulai 9 April sampai selesainya pencoblosan dan penghitungan suara selesai. 


Laporan : Elsa

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.