Header Ads

Safari Ramadhan, Gubernur Sumsel Kukuhkan 368 Orang P2UKD dan P2UKK di Prabumulih

Prabumulih, RubrikSumsel.com - Gubernur Sumatera Selatan mengelar Safari Ramadhan  1440 H /2019 m  dan sekaligus Mengukuhkan Petugas Penghubung Urusan Keagamaan Desa/Kelurahan Kota Prabumulih, Kabupaten Pali dan Muara Enim.

Acara berlangsung di Masjid At Taqwa, Jalan Jendral Sudirman RT 02 RW 02, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Kamis malam (23/05/2019) sekira Pukul 20.00 WIB.

Setelah melakukan Sholat Traweh berjamaah Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru MM mengkukuhkan Petugas Penghubung Urusan Keagamaan Desa (P2UKD) maupun Petugas Penghubung Urusan Keagamaan Kelurahan (P2UKK) terhadap 368 orang  terdiri dari  36 orang untuk Kota Prabumulih, 76 orang Kabupaten Pali, 256 orang Kabupaten Muara Enim. 

Dalam sambutannya Walikota Prabumulih H Ridho Yahya MM menyampaikan, Dirinya merasa sangat bersyukur bisa berkumpul pada acara tersebut. Semenjak pak gubernur menjadi Gubernur Sumatera Selatan kami mengucapkan ribuan trimakasih, hampir seratus persen janji  pak gubernur Bisa di tindak lanjuti termasuk pada malam hari ini.

"Insyaallah, kebijakan yang dibuat oleh pak gubernur ini dengan mengukuhan P2UKD pelayanan  khususnya untuk pernikahan di Kota Prabumulih, khususnya Pali dan Muara Enim Insyaallah bener-bener Prima dan Berkualitas," Ungkapnya.

Lanjutnya Ridho, Perlu saya sampaikan kepada pak gubernur bahwa selama ini mereka tetap kita berdayakan, artinya ilmu proses menikahkan tetap hafal, guru ngaji tradisional, ada yang memandikan jenazah artinya fungsi mereka tetap sebagaimana mestinya, Tuturnya.

Sementara dalam kata sambutannya Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengatakan ,Saya ucapkan selamat dan terimakasih kepada P2UKD dan juga P2UKK yang telah ikhlas berkenan untuk dilantik melakukan pelayanan yang luar biasa kepada masyarakat diseluruh penjuru pelosok mungkin di perairan pegunungan dan di perkebunan Insyaallah dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

" P2UKD ini jawaban terhadap apa yang diminta masyarakat tentang pelayanan dalam bidang keagamanan, salah satu keluahan masyarakat sejak 2014 kemaren yakni susah menikahkan putra putrinya padahal hari baik bulan baik yang sudah ditentukan kedua belah pihak tidak bisa dijalankan dikarenakan KUA nya tidak terjadwal pada hari itu,kita mengambil inisiatif untuk mengaktifkan kembali Petugas P3N," Jelasnya.

Adapun tugas-tugas dari P2UKD yakni Memberikan bimbingan rumah tahfiz sebagai program pemerintahan provinsi, bimbingan Lembaga Perkawinan, bahkan bimbingan penasehat terhadap perceraian agar tidak terjadi perceraian, bimbingan kepada saudara kita yang baru memeluk Agama Islam, bimbingan menyelenggarakan Pemandian Mayat, bimbingan untuk naik Haji dan Umroh dan lain-lain.

"Semua ini kita lakukan agar Sumatera Selatan dapat menjadi Provinsi yang Religious. Kerena sebagai muslim kita wajib mensyiarkan agama Islam. Untuk itu saya berharap agar para umaro, ulama dan umat dapat menjalankan tugas sesuai peran dan fungsi masing-masing,"Harapnya


Hadir di kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel Hj Febrita Lustia Deru, Ketua TP PKK Kota Prabumulih, Unsur Muspida Kota Prabumulih, Rekan2 penghulu di tiga kabupaten/kota dan Jamaah Sholat Traweh dimasjid At Taqwa.(ADV)


Laporan : Han

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.