Header Ads

Keseruan Lomba HUT RI ke-74 di Gunung Ibul Barat, Dari Tangkap Ikan Sampai Panjat Pinang di Air

PRABUMULIH, RUBRIKSUMSEL - Lihat Keseruan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-74 tahun, di Kelurahan Gunung Ibul Barat, RT. 02 RW. 03, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Minggu (25/08/2019) berlangsung meriah dan unik.

Berbagai macam lomba 17 Agustus yang digelar diantaranya, senam pagi, balap karung, makan kerupuk, menangkap ikan, gebuk bantal dan panjat pinang menjadi antusias masyarakat untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Adapun keseruan yang terlihat pada perlombaan tersebut, lomba panjat pinang yang diperebutkan dengan unik yakni di atas air, seperti yang kita tau untuk mencapai ke atas untuk mengambil hadiah itu sangatlah sulit.

Batang pohon pinang yang di oles dengan mentega atau minyak, apalagi panjat pinang berada ditengah kolam yang berisi air, hal tersebut mempersulit para peserta menggapai ke atas untuk mengambil  bendera merah putih beserta puluhan hadiah menarik yang di perebutkan.

Keseruan lainnya saat warga melakukan perlombaan gebuk bantal, lomba ini dilakukan dua orang peserta menggunakan bantal guling diatas batang pinang apabila salah satu dari kedua peserta jatuh ke air dengan dirobohkan menggunakan bantal maka dinyatakan kalah, nah lomba ini mengundang sorak, tawa, lucu dari para penonton dan membentuk hangatnya kebersamaan pada perlombaan HUT RI ke 74.

Seluruh kegiatan perlombaan telah dilakukan, kemudian menutup acara perayaan HUT RI ke 74, lomba yang diadakan lebih unik lagi, warga disibukkan dengan menangkap ikan yang telah disiapkan didalam kolam dan di ambil menggunakan tangan.

Keruhnya air kolam serta lumpur membuat sulitnya menangkap ikan di dalam kolam, satu persatu ikan di peroleh menggunakan tangan terlihat kegigihan dari para peserta di Kelurahan Gunung Ibul Barat sekaligus menutup acara pada perayaan HUT RI tahun ini.

Pada kesempatan tersebut, Lurah Gunung Ibul Barat Joko Arif Trianto AMd menyampaikan, kepada seluruh warganya untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di selokan maupun di aliran sungai.

“Acara ini sengaja digelar untuk mempererat jalinan silaturahmi dan rasa kebersamaan serta cinta tanah air. Selain itu juga sebagai salah satu contoh nyata, dengan aliran sungai yang bersih sehingga dapat dimanfaatkan sebagai lokasi kegiatan pada hari ini,” ujarnya.

Ia juga berharap, jika aliran air ini bersih dan tidak tercemar limbah ataupun sampah, maka dapat dimanfaatkan untuk pembudidayaan ikan yang dapat meningkatkan perekonomian warga.

“Ya kalau aliran sungai ini bersih, kita kan bisa memanfaatkan sungai tersebut untuk membudidayakan ikan dan hasilnya kan bisa meningkatkan perekonomian warga,” harapnya.

Sementara itu, Ketua RW. 03 Kelurahan Gunung Ibul Barat Nusajaya mengatakan, selain memeriahkan HUT RI ke 72, lomba yang digelar juga untuk menjalin silahturahmi antara warga khususnya RT. 02.

“Lomba seperti ini rutin dilakukan tiap tahunnya dalam rangka HUT RI dan juga sebagai ajang silahturahmi untuk mempererat kebersamaan antara warga disini,” ungkapnya.

Adapun Ketua RT 02, Mulkan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah acara hari ini berjalan lancar tanpa halangan apapun. Hal ini tentunya berkat kerjasama dan dukungan dari semua pihak khususnya pihak Kelurahan Gunung Ibul Barat dan seluruh panitia serta warga RT 02 RW 03,” jelasnya.

Chandra (30), seorang warga sekitar mengaku sangat senang dan terhibur dengan lomba seperti ini. "Kemeriahan seperti ini hanya terjadi saat 17 Agustus, sehingga diharapkan bisa terus diadakan setiap tahun," ungkapnya.

Laporan : Han

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.