Header Ads

Suasana Haru, Saat Jenazah Sertu Anumerta Rickson yang Gugur di Papua Tiba di Rumah Duka


Suasana haru di rumah duka. Rubriksumsel.com (29/08)

MUARA ENIM, RUBRIKSUMSEL -Suasana haru menyelimuti kediaman keluarga, saat jenazah Sersan Satu Anumerta Rickson Edi Candra bin Suwardi Sutan Basa tiba di rumah duka di Karang Endah Utara, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, pada pukul 21.00 WIB, Kamis (29/08/2019) malam.

Isak tangis keluarga, sanak saudara, kerabat dan warga mewarnai prosesi penyambutan jenazah saat tiba dirumah duka. terlihat tangis haru dari Endang Susilawati (37) istri tercinta sambil memeluk peti almarhum, Kehilangan seorang suami yang merupakan tulang punggung keluarga membuat ibu dua anak itu sempat lunglai dan pingsan.

Prajurit yang bertugas di Batalyon Kaveleri 5/DPC Karang Endah, Muara Enim ini gugur di medan perjuangan saat mengamankan demo di Kantor Bupati Deiyai, Papua pada Rabu (28/08/2019).

Almarhum meninggal setelah diserang sekelompok pendemo yang melakukan unjuk rasa dalam kerusuhan tersebut. Pendemo menyerang korban saat berada dalam mobil. Sejumlah anak panah menyasar ke tubuh korban yang menyebabkan ia harus kehilangan nyawa.

Tidak hanya Sersan Satu (AnM) Ricson Edi Candra yang menjadi korban dalam kebringasan pendemo. Sejumlah rekan almarhum dari TNI juga turut menjadi korban.

Diantaranya, Sertu Sunendra terkena panah pada bagian pantat dan punggung sebelah kanan, Serka Arif Y terkena luka senjata tajam sejenis parang di bagian kepala dan pelipis.

Selanjutnya, tiga anggota Polri juga turut menjadi korban yakni Bripda Dedi terkena panah pada bagian leher, Bripka Rifki terkena panah pada bagian tangan kiri dan Barada Akmal terkena panah di bagian punggung belakang.

Kapendam II Sriwijaya, Kolonel Inf Djohan Darmawan mengucapkan, saat di wawancarai awak media di rumah duka.

"Turut berduka cita setinggi-tingginya atas gugurnya saudara kami, rekan kami Serda Ricson Edi Candra yang gugur dalam melaksanakan tugas di daerah Deiyai papua. Semoga almarhum diterima disisi Allah, keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, semoga almarhum khusnul khotimah, Aamiin," Ucapnya.

Lanjut Kapendam, Jenazah almarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan,  dengan upacara militer. Pemakaman akan dilakukan pada Jumat pagi 30 Agustus 2019.

"Besok akan disemayamkan dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Prabumulih secara militer dipimpin Kasdam II Sriwijaya," ungkap Djohan.

Masih kata Kapendam ia menjelaskan bahwa, Pimpinan Angkatan Darat memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Sersan Satu Anumerta Rickson Edi Candra. Karena jasa-jasa almarhum selama di papua bergabung menjadi Satgas Teritorial.


Laporan : Han

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.