Header Ads

Program Public Safety Center Hadir Layani Masyarakat Muba

PSC Layani Masyarakat Muba
MUBA, RUBRIKSUMSEL - Pemerintah Kabupaten  Musi Banyuasin melalui Dinas Kesehatan meluncurkan layanan program siaga 24 jam menjemput pasien yang gawat darurat yaitu program Public Safety Center (PSC) 119 atau 08123000119.

Layanan tersebut merupakan transportasi yang  tugasnya mengantar pasien gawat darurat baik ke puskesmas maupun rumah sakit.

Seperti yang dilakukan oleh pihak tim puskesmas Babat Toman merujuk salah satu pasien ASMA (101) warga Kelurahan Mangun Jaya, ke Rumah Sakit Umum (RSU) Sekayu, pukul 23.00.wib. Mengingat kondisi pasien tidak dapat dilakukan perawatan.

"Kalau kondisi pasien masih bisa kita rawat disini ya kita lakukan perawatan nya disini," ucap Dokter Umi.

Kasi Yankes Rujukan dan Jaminan Kesehatan, Jonadi, SKM, M.Kes mengatakan bahwa program ini berdasarkan Inres nomer 4 tahun 2003 dan Darminkes nomer 19 tahun 2016. 

"Tentang pelayan Gawat darurat, tentunya program ini memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya dalam Kabupaten Musi Banyuasin mengingat setiap puskesmas rawat inap itu sudah ada tim kami atau petugas yang di tunjuk dan siaga 1x24 jam," katanya.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba, dr Azmi Dariusmansyah Smart menjelaskan tentang program siaga tersebut.

"Program filosofinya kita ingin hadir di tengah masyarakat, saat masyarakat panik dan memerlukan pelayanan gawat darurat secara langsung maka cukup menghubungi nomor telepon  PSC 119 atau 112 Muba Fast Track," jelasnya.

Adapun kasus - kasus yang bisa di lakukan yaitu meliputi kasus kegawatdaruratan kebidanan, kasus kecelakaan lalu lintas, dan kasus lainnya yang bersifat kegawatdaruratan.

"Sistem yang dipakai bisa menghubungi langsung 119 melalui Nomor telepon 08123000119 atau sistem mendownload aplikasi PSC 119 Kabupaten Musi Banyuasin, Emergensi button di playstore Handphone android serta bisa juga langsung menghubungi call emergensi 112, karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan command center 112 yang dikelola Diskominfo Musi Banyuasin," tuturnya.

Secara terpisah Herryandi Sinulingga Kadin Kominfo Musi Banyuasin membenarkan bahwa aplikasi 119 sudah terintegrasi dengan Aplikasi 112 Dinkominfo Muba yang dinamakan Aplikasi Fast Track. 

"Aplikasi Muba Fast Track Juga bisa di download melalui play store, dengan terintegrasinya layanan emergency 112 dengan 119 tujuannya sebagai percepatan layanan yang langsung dapat kami tindak lanjuti sesuai dengan tujuan aplikasi ini mempermudah masyarakat, melaporkan yang diperlukan khususnya melayani warga masyarakat muba dalam keadaan emergency, untuk itu silahkan masyarakat manfaatkan layanan ini karena ini adalah program Pemerintah yang wajib hadir untuk melayani warganya sesuai arahan bapak bupati Dodi Reza Alex," pungkasnya.(Maryunika/Tim)

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.