Header Ads

Rencana Pembangunan Irigasi Persawahan Untuk Tiga Desa di Lahat

Cik Ujang SH agendakan pembangunan irigasi persawahan di tiga desa yang ada di lahat
LAHAT, RUBRIKSUMSEL - Pemkab Lahat menganggendakan pembangunan irigasi yang akan mengaliri areal persawahan untuk 3 desa yakni Desa Pagar Batu, Kuba dan Jati di Kecamatan Pulau Pinang, Lahat.

Pembangunan irigasi itu guna mengantisipasi musim kemarau yang menjadi kendala bagi para petani untuk bercocok tanam padi di persawahan.

Bupati Lahat Cik Ujang, SH secara langsung berkunjung ke Desa Pagar Batu, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat. Kunjunganya itu untuk melihat langsung kepala irigasi yang rencananya akan dibangun di Desa tersebut, Jum'at (24/01/20).

" Di tiga desa ini mayoritas petani yang menjadi kendalanya adalah jika dimusim kemarau. Para petani tidak bisa lagi bercocok tanam akibat tidak adanya ketersediaan air," ungkap Bupati.

Adapun upaya yang diambil lanjut Cik Ujang, akan direncanakan pembangunan irigasi guna mengatasi dampak dimusim kemarau. Sehingga para petani dapat terus bisa menanam padi dan tidak menjadi lahan tidur. 

Namun demikian kata Cik Ujang, untuk bisa terlaksananya pembangunan irigasi tersebut, dibutuhkan dukungan masyarakat. Karena pembangunan irigasi baru dapat terlaksana jika ada hibah tanah dari masyakat.

"Pembangunannya sendiri membutuhkan lahan dan tidak bisa terlaksana jika masyarakat yang terkena dampak dari pembangunan irigasi tidak mau menghibahkan tanahnya. Tapi saya yakin masyarakat akan mendukung pembangunan irigasi ini," tambahnya.

Sedangkan Kades Pagar Batu, Sepriadi mengaku optimis jika rencana pembangunan irigasi akan didukung masyarakat.

" Warga sangat mendukung dengan rencana pembangunan irigasi ini demi kepentingan bersama untuk warga desa. Dan tentu masalah hibah tanah jika ada tanah warga terkena dampaknya akan diberi penjelasan akan pentingnya irigasi ini," ungkapnya.

Sementara  kunjungan Bupati Lahat itu sendiri didampingi oleh anggota DPRD Lahat Dapil 3, Kadin, Kaban, Kapolsek dan Koramil Kecamatan Pulau Pinang. (Rio)

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.