Header Ads

Tingkatkan Kesadaran Anak di Usia Dini, Kelompok 21 KKN UIN Raden Fatah Palembang Adakan Jalan Sehat Ramah Lingkungan

Foto : Kelompok 21 KKN Universitas Islam Negeri ( UIN) Raden Fatah Palembang, melakukan Program Kerja bertemakan "Jalan Sehat Ramah Lingkungan" bersama Masyarakat, Irmas dan Anak-anak Desa Tanjung Lubuk, Kayuagung, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan(26/1) sekitar Pukul 06.00 WIB.
KAYUAGUNG, RUBRIKSUMSEL - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 21 Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menggelar program gerakan sehat masyarakat yang bertemakan “Jalan Sehat Ramah Lingkungan” di Kantor Desa Tanjung Lubuk, Kecamatan Kota Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Minggu (26/1/2020).

Kegiatan tersebut, mahasiswa KKN mengajak anak-anak untuk dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan bersih dan sehat, dalam acara itu peserta jalan sehat melakukan pungut sampah di sepanjang rute yang di lewati serta bebagai macam Doorprize menarik minat anak-anak.

Anak-anak di Desa Tanjung Lubuk melakukan aksi pungut sampah di rute Jalan sehat Ramah Lingkungan.
Dalam kesempatan itu, Sekertaris Kelompok 21 KKN UIN Raden Fatah Palembang, Ismi Islamiaty menyampaikan tujuan untuk senantiasa bergaya hidup sehat yaitu dengan cara berolahraga.

"Kegiatan ini bukan hanya sekedar Jalan sehat, tetapi dalam kegiatan ini anak-anak diarahkan untuk memungut sampah disepanjang jalan desa, hal ini bertujuan untuk membangun kesadaran anak-anak terhadap lingkungan sekitar. Sehingga terbentuk karakter peduli lingkungan maka karakter ini sudah ditanamkan dalam diri setiap individu anak-anak, mereka akan terbiasa untuk menjaga lingkungan dimanapun mereka berada," ucapnya.

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang bersama Irmas Desa Tanjung Lubuk.
Lanjutnya, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk menciptakan suatu hubungan yang harmonis antara tim KKN Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dan anak-anak Desa Tanjung Lubuk. 

"Hal ini dapat menciptakan hubungan yang harmonis, mereka bisa saling mengenal, memahami, dan mengerti antar satu sama lain. Serta meningkatkan Kesehatan bersama dan juga memberikan suatu hiburan kepada anak-anak di Desa Tanjung Lubuk ini," ungkapnya.

Lebih jauh ia mengatakan, Jalan sehat merupakan kegiatan olahraga yang murah tetapi sangat besar manfaatnya karena dengan jalan sehat dan berolahraga badan akan terasa sehat dan jauh dari penyakit.

Terpisah, salah satu warga Desa Tanjung Lubuk mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangatlah baik di kalangan anak-anak.

"Dengan adanya kegiatan yang diadakan oleh Mahasiswa KKN di desa kami, saya sebagai orang tua mengucapkan terimakasih sudah memberikan arahan dan kegiatan positif untuk anak Desa Tanjung Lubuk. Semoga kegiatan seperti ini bisa digelar rutin kedepannya di desa ini," harapnya.

Sementara, Syarnubi M.Pd.I selaku Dosen pembimbing dari UIN Raden Fatah Palembang mengatakan bahwa giat kali ini mahasiswa melakukan interaksi langsung dengan masyarakat Desa Tanjung Lubuk.

"Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu bentuk kegiatan mahasiswa melakukan interaksi dengan masyarakat dan lingkungan sekitarnya, dengan adanya kegiatan jalan sehat ini berarti Mahasiswa KKN telah berusaha untuk mengajak anak-anak Desa Tanjung Lubuk senantiasa bergaya hidup sehat yaitu dengan cara berolahraga," tutupnya.

Laporan : Han

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.