Header Ads

Dinas Pertanian Prabumulih Lakukan Inseminasi Buatan untuk Hewan Ternak

PRABUMULIH, RS - Pemerintah Kota Prabumulih melalui Dinas Pertanian Bidang Peternakan terus berupaya memaksimalkan inseminasi buatan (IB) untuk hewan ternak jenis sapi. Hal ini dilakukan guna untuk memperbaiki dan meningkatkan genetik hewan ternak peliharaan milik masyarakat.

Menurut keterangan Kepala Dinas Pertanian Drs Syamsurizal melalui Kabid Peternakan Iswan Hadi menjelaskan, program inseminasi buatan telah digalakkan sejak dua tahun terakhir sebagai bentuk dukungan program nasional Upsus SIWAB (Upaya khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) terhadap hewan ternak.

Dengan membentuk dan menyebar tim, pihaknya turun langsung ke sejumlah wilayah di Kota Prabumulih mendatangi pemilik hewan ternak untuk melakukan inseminasi buatan. Hal ini dinilai lebih efektif dalam meningkatkan mutu ternak lokal serta mempercepat peningkatan populasi ternak.

Selain itu, juga mengoptimalkan penggunaan bibit pejantan unggul secara lebih luas dalam jangka waktu yang lebih lama, meningkatkan angka kelahiran, serta mencegah penularan atau penyebaran penyakit kelamin pada sapi.

"Melalui cara inseminasi buatan ini juga dapat menghemat penggunaan hewan pejantan. Benih yang disuntikan adalah benih dari pejantan sapi, yakni jenis sapi bali, simental dan limosin yang tingkat genetiknya lebih baik dibandingkan benih pejantan sapi biasa," ujarnya, Jumat (14/02/2020).

Lebih lanjut Iswan menuturkan, populasi sapi di Kota Prabumulih cukup banyak lebih kurang 1500 ekor, yang tersebar di 6 kecamatan. Sentranya ada di wilayah Desa Karya Mulya, Payuputat dan Pangkul.

Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan publik inseminasi buatan ini agar dapat memanfaatkan kesempatan tersebut. Caranya bisa langsung menghubungi petugas Dinas Pertanian Bindang Peternakan.

"Jika masyarakat berkeinginan ternak sapinya dilakukan inseminasi buatan dapat menghubungi petugas kami melalui nomor 082138392739 atas nama Saiful dan Herwan 082279671749 atau Arif 085268712357," imbuhnya.

Ia menambahkan, kegiatan IB sendiri mendapat respons yang cukup positif dari para peternak sapi. Selain tidak dipungut biaya, juga akan membantu mereka dalam mempercepat jarak kelahiran anakan sapi.

"Inseminasi buatan ini gratis dan tidak dipungut biaya. Petugas kita akan mendatangi pemilik hewan ternak yang ingin melakukan inseminasi buatan ini," tandasnya.(LN)

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.