Header Ads

Pemkab Muba Bakal Sediakan TPU Umat Muslim dan Non Muslim

Pemkab Muba akan segera menyediakan lahan untuk TPU umat Muslim dan Non Muslim.
MUBA, RUBRIKSUMSEL - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) akan menyediakan Tempat Pemakaman Umum (TPU) bagi umat muslim dan non muslim.

Sekretaris Daerah Kabupaten Muba, Drs H Apriyadi MSi mengatakan Pemkab Muba akan menyiapkan lahan untuk TPU bagi umat Muslim dan Non Muslim.

"Kita akan siapkan lahan dua atau tiga hektar untuk TPU bagi masyarakat Muba baik muslim dan non muslim," ujarnya  pada saat pimpin Rapat Pengadaan Tanah untuk TPU, Senin (10/2/2020) di Ruang Rapat Randik.

Dikatakan Sekda, pada dasarnya semua WNI punyak hak yang sama, baik umat beragama muslim maupun non muslim dan pemerintah disini Pemkab Muba wajib memfasilitasi akan hal itu.

"Beri pemahaman kepada masyarakat bahwa dalam memeluk agama tidak boleh ada keterpaksaan, termasuk menempatkan jenazah. Jangan membatasi, menekan apalagi menzholimi, karena kami sebagai WNI yang baik sudah sepatutnya rukun antar umat beragama," pungkas Apriyadi.

Senada dengan dikatakan Sekda Muba, Ketua dan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Muba, Yani mengungkapkan kalau mau menciptakan kerukunan umat beragama, maka sediakan TPU untuk selurruh umat beragama, baik muslim mupun non muslim.

"Karena kalau dalam agama islam TPU umat muslim harus dipisahkan dengan non muslim, maka nanti TPU tersebut diberikan semacam sekat untuk pembatasnya. Kemudian juga dari sisi lingkungan sosial keagamaan, lokasi nya harus jauh dari pemukiman penduduk,"ujarnya.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Setda Muba, H Opi Pahlopi mengatakan bahwa, rapat hari ini menindaklanjuti hasil dari audiensi Forum Kerjasama Antar Gereja (FKAG) bersma Bupati Muba pada bulan Juli 2019 yang lalu.

"Dari hasil audiensi tersebut mereka mengeluhkan kepada Bupati bahwa selama ini umat non muslim mengalami kesulitan untuk menguburkan jenazah umat non muslim. Maka dari itu Bupati berjanji Pemkab Muba akan menyiapkan lahan untuk TPU supaya warga Muba tidak mengalami kesulitan,"bebernya.(Maryunika/ril)

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.