Header Ads

2020, Kapolres Prabumulih Targetkan Bedah 3 Unit Rumah Tak Layak Huni

Bedah Rumah Oleh Polres Prabumulih di Desa Pangkul.
PRABUMULIH, RUBRIKSUMSEL - Dalam rangka "Perduli dan Berbagi Kepada Masyarakat yang Membutuhkan", Kapolres Prabumulih, AKBP I Wayan Sudharmaya SH SIK MH didampingi Wakapolres, Kompol Agung Adhitya Pranata SH SIK beserta jajaran melakukan peletakan batu pertama program bedah rumah, Selasa (17/03/2020).

Pasangan suami istri, Aswan dan Alisa yang merupakan warga Dusun II, Desa Pangkul, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih, menerima program bantuan bangun rumah baru dari Polres Prabumulih.

Sejumlah personel Polres Prabumulih, dipimpin Kapolres bersama-sama merobohkan bangunan rumah lama yang tak layak huni, turut hadir dalam kegiatan sosial itu Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemkot Prabumulih, Camat Cambai, Kapolsek Cambai, Danyon Zipur, Danramil, Kepala Desa Pangkul dan unsur muspida lainnya.

Pada Kesempatan itu, Kapolres Prabumulih menjelaskan, program bangun rumah baru itu merupakan bentuk kepedulian dari seluruh personel Polres Prabumulih kepada warga yang rumahnya sudah tidak layak huni. Program ini diselenggalarakan bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Prabumulih selaku pengelola dana.

Bantuan itu diberikan setelah adanya laporan dari anggota Babinkamtibmas terkait kondisi ekonomi dan tempat tinggal yang sudah tidak layak huni yang selama ini ditempati kedua pasangan suami istri tersebut. Karena dianggap layak untuk mendapatkan bantuan itu akhirnya Polres Prabumulih yang bekerjasama dengan Bazsnas dalam pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah akhirnya membangunkan rumah baru untuk pasangan suami istri itu.

"Ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Dari sumbangan zakat, infak dan sedekah yang dikeluarkan oleh personel Polres Prabumulih akhirnya dana itu bisa disalurkan kepada orang yang lebih tepat," ujar Kapolres Prabumulih.

Lebih jauh Kapolres menuturkan, program bangun rumah baru ini menurutnya adalah sinergi antara Polres Prabumulih dengan Pemerintah Kota Prabumulih dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu. Untuk itu, pihaknya terus mendorong dan mensuport program tersebut sebagai langkah dan upaya dalam mengurangi angka kemiskinan di Kota Prabumulih.

"Kita tentunya turut mendukung program ini. Dari penghasilan anggota sebagiannya disisihkan dan disumbangkan untuk membantu warga yang kesulitan. Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa dirasakan manfaatnya bagi yang menerima," ucapnya.

Disamping itu, selain rutin menggelar kegiatan sosial yang menyentuh langsung kepada masyarakat, Polres Prabumulih saat ini juga tengah berusaha mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Hal ini tentunya bukan pekerjaan yang mudah dilakukan, untuk itu pihaknya meminta dukungan penuh dari masyarakat Kota Prabumulih dalam mewujudkan hal tersebut.

"Predikat WBBM ini setingkat lebih tinggi dari prestasi WBK yang sebelumnya juga telah diraih oleh Polres Prabumulih. Kami sebagai pelindung dan pengayom masyarakat akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," tambahnya.

Lebih jauh ia menyampaikan, ditahun 2019 lalu Polres Prabumulih telah melakukan program bedah sebanyak 3 unit rumah warga.

"Ini merupakan bedah rumah pertama di tahun 2020, sebelumnya ditahun 2019 ada tiga unit rumah sudah kita bedah, untuk target ditahun ini kita masih sama seperti tahun lalu sementara itu kalau bisa melebihi kita laksanakan," ungkapnya.

Sementara itu, Aswan dan Alisa mengaku sangat senang atas bantuan yang telah diberikan. Rumah gubuk yang selama ini mereka tempati bisa dibangun baru menjadi rumah yang lebih layak huni.

"Kami sangat senang, sudah lama sekali kami ingin punya rumah seperti ini. Tapi apalah daya untuk makan sehari-hari saja masih kesulitan. Alhamdulillah kami sangat beryukur dan berterimakasih kepada bapak-bapak polisi yang telah mau membantu kami," ungkap Aswan dan Alisa.

Laporan : Han

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.