Header Ads

Objek Wisata Danau Kelekar di Desa Pangkul Bakal Terwujud

Foto : Kapolres Prabumulih bersama Staf Ahli Pemkot Prabumulih tanamkan sejumlah pohon di sekitar Danau Buatan Desa Pangkul.
PRABUMULIH, RUBRIKSUMSEL - Objek Wisata Danau Kelekar di Desa Pangkul, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih bakal segera terwujud.

Rencana Pemerintah untuk mengembangkan potensi wisata dan ruang terbuka hijau di desa tersebut, disambut baik oleh Kapolres Prabumulih, AKBP I Wayan Sudharmaya SH SIK MH. 

Kapolres Prabumulih bersama Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemerintah Kota Prabumulih melakukan penghijauan, yakni dengan menanamkan sejumlah pohon yang berada di sekitar danau buatan itu, Selasa (17/03/2020).

Pada kesempatan itu, I Wayan Sudharmaya mennyampaikan rencana program yang dikemukan oleh Kepala Desa Pangkul Jakaria Yadi SH untuk membuat areal wisata ruang terbuka didesa tersebut selaras dengan program penghijauan lingkungan yang diamanatkan oleh Kapolri kepada seluruh jajaran Polda dan Polres se Indonesia.

Pihaknya siap mensuport dan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pangkul untuk mewujudkan rencana tersebut. Salah satu bentuk suport yang akan dilakukan nantinya adalah dengan bergotong royong membangun dan melakukan penanaman pohon untuk penghijauan di sekitar areal danau buatan.

Menurutnya potensi wisata alam yang ada di Kota Prabumulih memang sangat minim, untuk itu perlu dilakukan pengembangan wisata buatan dengan memanfaatkan lokasi yang dianggap layak dan strategis untuk dibangun tempat wisata buatan.

"Seperti di Desa Pangkul ini, ada Danau Kelekar yang merupakan danau buatan untuk resapan air. Lokasi ini cukup menarik jika dikembangkan sebagai lokasi wisata buatan. Apalagi di lokasi ini juga terdapat makam puyang atau makam keramat yang juga bisa dikembangkan sebagai wisata religi," ujar Kapolres Prabumulih usai melakukan penanaman pohon.

Dengan dilakukannya pembangunan wisata buatan itu, tentunya masyarakat Prabumulih khususnya warga Desa Pangkul dan sekitarnya bisa menikmati wisata yang ada di desa tersebut. Selain itu, perekonomian masyarakat lokal diharapkan juga dapat meningkat dengan membuka berbagai macam usaha di lokasi wisata itu.

"Kami jajaran Polres Prabumulih tentunya siap untuk memback up dan mensuport program desa ini. Mudah-mudahan rencana program yang dicanangkan oleh Kades Pangkul dapat berjalan dengan baik serta mendapatkan respon dan dukungan penuh dari seluruh masyarakatnya," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pangkul, Jakaria Yadi SH menambahkan, tujuan utama pihaknya untuk membangun lokasi wisata ruang terbuka hijau di Desa Pangkul tidak lain adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Dengan harapan lokasi wisata tersebut dapat dikunjungi masyarakat Kota Prabumulih sebagai lokasi berlibur bersama keluarga.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan wisata buatan ini. Apalagi lokasi wisata buatan di Desa Pangkul ini mudah dijangkau untuk dikunjungi masyarakat. Karena lokasinya berdekatan dengan perkantoran Pemkot dan Polres Prabumulih," jelasnya.

Disinggung sejauh mana progres pengembangan wisata itu, Jakaria mengaku masih dalam proses perencanaan. Jika hal itu memungkinkan, pihaknya akan mengelola dan mengembangkan potensi wisata tersebut dengan mengalokasikan anggaran dana desa.

"Harapannya,  kalau bisa pembangunannya tidak menggunakan dana desa. Saya berharap ada intansi lain atau perusahan swasta yang bisa membangunnya. Intinya kalau ada pihak lain yang ingin membantu membangun akan kita terima dengan senang hati. Kalau memang tidak ada mau tidak mau kita akan gunakan dana desa agar rencana program ini dapat terwujud," jelasnya. 

Laporan : Han

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.