Header Ads

Bantu Warga Hadapi Covid-19, Ridho Yahya Distribusikan 16.000 Paket Sembako

Walikota Prabumulih mendistribusikan sembako gratis untuk warga kurang mampu akibat terdampak wabah virus corona.
PRABUMULIH, RUBRIKSUMSEL - Dalam menghadapi pandemi global Covid-19, Pemerintah Kota Prabumulih mengambil langkah dengan membagikan 16.000 paket sembako untuk masyarakat kurang mampu yang terdampak virus corona.

Adapun rincian bantuan sembako yang disalurkan berupa 20 Kilogram beras, 2 Dus Mie Instan dan 1 Botol Kecap untuk satu keluarga. Sembako tersebut akan disalurkan di 37 desa dan kelurahan kota Prabumulih.

Sebelumnya, Pemkot Prabumulih terus memberikan himbauan, Pemkot rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan serta membagikan masker gratis untuk masyarakat sebanyak 37.000 pcs secara serentak di wilayahnya demi mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam hal ini Pemerintah Kota Prabumulih melibatkan seluruh Instansi untuk mendistribusikan sembako tersebut kepada masyarakat.

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan bahwa, dalam mengurangi aktivitas diluar rumah ini merupakan langkah efektif untuk memutus rantai penyebaran virus Corona Covid 19. 

"Dalam mengimbangi kebijakan itu, kita berikan masyarakat bahan makanan agar mereka tidak banyak keluar rumah. Mudah-mudahan dengan dibagikannya sembako ini sedikit mengurangi rasa kesedihan kita di tengah wabah corona ini,” kata Ridho, Jumat (10/4/2020).

Menurutnya, pihaknya akan membagikan bantuan makanan kepada masyarakat sampai kondisi Kota Prabumulih stabil.

"Pihak kita akan langsung membagikan bahan makanan ini ke masyarakat, sembako ini akan terus kita lakukan hingga kondisi Prabumulih kembali stabil seperti semula," ucapnya.

Lanjut Ridho, untuk penerima bantuan bukan hanya yang sudah menjadi keluarga penerima PKH (program keluarga harapan) saja, tapi juga hampir semua yang tidak mampu mendapatkan bantuan. 

"Jika ada keluarga yang tidak mampu namun tidak mendapatkan bantuan, silahkan kumpulkan data nanti ada tim verifikasi kami yang akan memproses agar mendapatkan sembako gelombang ke dua, insyallah dalam waktu tiga hari ini," jelasnya.

Lebih jauh Ia menyampaikan bahwa sembako yang dibagikan secara serentak hari ini merupakan pembagian tahap awal. Akan ada tahap ke dua untuk masyarakat miskin yang tidak terdata di kelurahan. 

"Ini merupakan gelombang pertama nanti akan ada gelombang ke dua dan seterusnya,  target kami sampai tiga bulan termasuk bulan Ramadhan," ungkapnya. 

Pantauan dilapangan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Prabumulih sedang melakukan pembagian bersama Kepala Desa bahu membahu bersama menyalurkan bantuan tersebut dari rumah ke rumah warga yang ada di Desa Karangan.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Kominfo Prabumulih, Drs H Muhammad Ali, MSI menyampaikan pembagian sembako di Desa Karangan untuk warga yang kurang mampu, Sabtu(11/4).

"Kita sedang menyalurkan bantuan paket sembako untuk masyarakat, ada 211 paket untuk warga di Desa Karangan semuanya sudah di verifikasi, untuk masyarakat yang belum dapat diharapkan melapor ke perangkat desa, nanti setelah itu akan dilakukan verifikasi oleh tim kita," tutur Ali. 

Ia pun menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Prabumulih memberikan reaksi nyata dalam menanggulangi wabah Covid-19.

"Harapan kita bantuan yang disalurkan tepat sasaran dan meringankan beban masyarakat miskin yang terdampak wabah ini," tutupnya.

Laporan : Han

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.