Header Ads

Antisipasi Tahanan Kabur, Kapolres Prabumulih Lakukan Pengecekan Ruang Tahanan Polres dan Polsek Jajaran

PRABUMULIH, RS - Untuk memastikan ruang tahanan di Polres dan Polsek Jajaran dalam keadaan aman dan baik, Kapolres Prabumulih AKBP I Wayan Sudarmaya, S.H., S.I.K.,M.H., melakukan pengecekan ruang tahanan Polres dan Polsek jajaran, pada hari Senin (27/07/2020).

Didampingi wakapolres Kompol Agung Aditya Prananta, S.H., S.I.k.  bersama PJU dan juga Kasat Tahti dan Kasubag Log anggota piket jaga baik di Polres dan Polsek jajaran, Kapolres mengingatkan, “Dalam pelaksanaan tugas jaga baik penjagaan sel tahanan di Polsek jajaran maupun Polres dilakukan secara rutin setiap jam dan secara detail setiap hari meliputi pengawasan terhadap benda-benda membahayakan. Agar selalu waspada terhadap yang besuk tahanan, terutama dalam pengiriman makanan sebagai antisipasi dan melaksanakan SOP tugas jaga dengan sebaik mungkin dan memperhatikan setiap barang yang ada dan pencegahan barang tajam dan makanan yang berbahaya jangan sampai lolos ke ruang tahanan,” pungkasnya.

Petugas jaga ruang tahanan juga harus rutin melakukan razia dalam ruang tahanan serta mengecek barang bawakan pengunjung. Jangan sampai ada benda atau barang berbahaya sampai masuk ke dalam ruang tahanan,” ungkap Kapolres.

Hal ini dilakukan, tidak lain sebagai langkah pencegahan dan antisipasi agar tahanan tidak kabur. Seperti terjadi di Polsek Kikim, Polres Lahat dengan membobol sel tahannya kabur.

Untuk petugas penjaga sel tahanan. Harus memastikan, tahanan yang dijaganya ada setiap saat. Sehingga, tidak ada kesempatan tahanan untuk melarikan diri. “Selalu periksa sel tahanan, tidak ada alat-alat digunakan untuk para tahanan kabur,” terangnya.

Sambungnya, kewaspadaan pengamanan sel tahanan harus ditingkatkan. Dan, jangan sampai lengah menyebabkan kelalalaian hingga tahanan akhirnya kabur atau lolos dari sel. “Kita minta ini, harus menjadi perhatian serius Kapolsek dan Kasat Tahti. Juga, petugas penjagaan sel baik di Polres dan Polsek jajaran.(Humas Polres Prabumulih)

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.