Header Ads

DPRD Muba Gelar Penyampaian Tanggapan Bupati Terkait RAPBD-P TA 2020

MUBA, RUBRIKSUMSEL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muba menggelar Rapat Paripurna Masa Persidangan III rapat ke-21 dalam rangka Jawaban/tanggapan Bupati Muba terhadap Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Muba pada hari Rabu (22/07/2020) di ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Muba.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Sugondo dihadiri Wak Ketua II DPRD Irwin Zulyani, SH, Wakil Ketua III DPRD H. Rabik Hs, SE.,SH.,MH, Anggota DPRD, Bupati Muba Dr. H. Dodi Reza Alex Noerdin, Lic Econ MBA, Sekretaris Daerah Muba, Asisten Setda Muba, Dandim 0401/Muba, Kejaksaan Negeri Sekayu dan Perangkat Daerah Muba.

Rapat digelar untuk mendengarkan Jawaban/tanggapan Bupati Muba terhadap Pemandangan Umum terkait Rancangan APBD Perubahan Muba TA 2020.

Rapat ini merupakan lanjutan pembahasan dari pemandangan umum Fraksi-fraksi DPRD telah menyampaikan pokok pikiran, usulan, saran dan kritik sehingga perlunya tanggapan dari Bupati Kabupaten Muba.

Dalam tanggapannya, Bupati Muba menyampaikan sebagai berikut : 

Untuk Fraksi Golkar DPRD, Bupati Muba menyampaikan bahwa akan dilakukan peningkatan PAD Muba secara maksimal terutama pada sektor pajak dan retribusi, belanja subsidi mengalami penambahan pada RAPBD-P TA 2020 sebesar Rp. 40.200.000.000 yang diperuntukkan pada PDAM Tirta Randik sebesar Rp. 10.200.000.000 dan pada PT. MEP Muba sebesar Rp. 30.000.000.000 atas pembebasan rekening air PDAM dan listrik PT. MEP Muba untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19, rencana peminjaman PT. SMI Muba sebesar Rp. 160.000.000.000 digunakan untuk pembangunan gedung rawat inap kelas III sebanyak 180 tempat tidur dan gedung penunjang medis dan lainnya.

Untuk Fraksi PDI-P DPRD, Bupati Muba mengatakan akan dilakukan pembenahan BUMD secara menyeluruh sehingga BUMD berjalan dengan baik, setiap perusahaan wajib membuka lahan tanpa bakar, menjaga alam lingkungan serta areal pertanian masyarakat melalui DPMPTSP Muba dan Dinas Lingkungan Hidup Muba, akan dilakukan pengawasan pajak bumi dan bangunan pada perusahaan yang ada d Kabupaten Muba, Penyediaan dana Hibah bagi pondok Pesantren dan masjid-masjid dengan mempedomani Peraturan Perundangan yang berlaku, usulan Prolegda Rumah Tahfiz Al-Quran berbasis Internet akan dipelajari dan koordinasi melalui Perangkat Daerah terkait, belanja subsidi mengalami penambahan pada RAPBD-P TA 2020 sebesar Rp. 40.200.000.000 yang diperuntukkan pada PDAM Tirta Randik sebesar Rp. 10.200.000.000 dan pada PT. MEP Muba sebesar Rp. 30.000.000.000 atas pembebasan rekening air PDAM dan listrik PT. MEP Muba untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19, dalam mengurangi penangkapan ikan secara merusak melalui SKPD Dinas Perikanan terus berkoordinasi dengan POKMASWAS yang dibentuk beberapa Desa dan lainnya.

Untuk Fraksi Gerindra DPRD, Bupati Muba menyampaikan bahwa dalam rangka terobosan peningkatan PAD Muba Pemerintah Daerah akan memaksimalkan pelaksanaan Intensifikasi dan ekstensifikasi Baik dari dasara hukum, SDM dan penggunaan Teknologi, usulan program dan kegiatan pembangunan jembatan penghubung dan peningkatan jalan penghubung Kecamatan Tungkal Jaya akan menjadi prioritas di Tahun Anggaran berikutnya, akan segera memperbaiki lampu jalan yang rusak dan tidak menyala di Kec. Babat Toman melalui Dinas PUPR Muba, telah dialokasikan anggaran untuk pembinaan dan penilaian akreditasi sekolah yang bekerjasama dengan lembaga penjaminan mutu pendidikan secara bertahap sesuai dengan masa berlaku akreditasi sekolah masing-masing, belanja subsidi mengalami penambahan pada RAPBD-P TA 2020 sebesar Rp. 40.200.000.000 yang diperuntukkan pada PDAM Tirta Randik sebesar Rp. 10.200.000.000 dan pada PT. MEP Muba sebesar Rp. 30.000.000.000 atas pembebasan rekening air PDAM dan listrik PT. MEP Muba untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19, untuk pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemerintah Desa terkait pengangkatan dan pemberhentian Perangkat Desa maka kepada 65 Kepala Desa yang baru dilantik akan diberi.(Maryunika)

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.