Header Ads

kreatif, Lurah di Prabumulih Kelola Lahan Kosong Jadi Buah dan Sayuran

 


PRABUMULIH, RS —
Banyaknya lahan kosong yang di telantarkan pemiliknya, menginspirasi Arif Arnic, Lurah Gunung Ibul Barat Prabumulih Timur untuk menciptakan ide kreatif dan suasana baru di Kelurahan GIB.


Ketimbang membersihkan tak berkesudahan dan tak menuai hasil apapun, suami Hanna Monica ini bersama warga menyulap lahan tidur yang berada di jalan Perintis RT 01 RW 04 Kelurahan GIB Prabumulih Timur tersebut menjadi lahan buah dan sayur yang dikelola oleh kelompok tani Perintis.

" Ini lahan kosong yang terbengkalai, jadi daripada ditumbuhi semak belukar dan tempat pembuangan sampah, maka kami dari pihak kelurahan meminta izin kepada pemilik lahan untuk bisa memanfaatkan lahan tersebut,”terang Arif.

Pria pengiat seni ini juga menjelaskan jika kelompok tani Perintis merupakan binaan dari Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian serta TP-PKK.

"Kami dari kelurahan hanya membantu menyediakan lahannya saja, kalau untuk pendampingan semua dari dinas terkait dan TP PKK,” jelasnya.

Sementara untuk hasil yang diperoleh dari hasil kelola lahan, Arif mengatakan Semuanya untuk kesejahteraan anggota kelompok tani pengelola.

"Bisa membantu pemerintah untuk meningkatkan pendapatan warga plus dengan bonus mempunyai asset wisata sayur dan buah di GIB sudah menjadi kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi kami. Untuk hasil yang diperoleh kami persilahkan untuk di pakai untuk kesejahteraan anggota Poktan,” katanya. 

Lanjut Arif, saat ini masih banyak tempat di Kelurahan Gunung Ibul Barat yang bisa dimanfaatkan menjadi tempat rekreasi indah dan sejuk di tengah kota.

"Tinggal tunggu dana dan donaturnya saja, maka asset yang ada di GIB bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk dijadikan tempat rekreasi indah dan sejuk di tengah kota,” tegasnya.(*)

No comments

Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.